11 Cara Meningkatkan SEO Untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) 1

11 Cara Meningkatkan SEO Untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) 1

Hardiyan Permana – Ada 11 cara meningkatkan SEO untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) yang bisa kita lakukan.

Penerapan SEO ini bukan lah hal yang mudah, baik itu untuk UKM maupun perusahaan sekala besar sekalipun. Permasalahan SEO ini akan semakin rumit ketika kita hanya punya waktu yang terbatas, uang, dan sumber daya lainnya.

Untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) akan muncul sebuah pertanyaan; Apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan peringkat website kita di Search Engine.

Untuk menjadikan website kita berada di halaman pertama di Search Engine secara organik bukan sebuah pekerjaan yang bisa dilakukan dalam waktu semalam. Oleh karena itu ada 11 cara meningkatkan SEO untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) yang bisa kita lakukan.

Berkaitan dengan SEO untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) ini ada hal-hal yang perlu kita perhatikan, antara lain ;

  • Informasi apa yang akan kita tambahkan.

  • Mengapa itu diperlukan

  • Alat-alat apa saja yang bisa kita gunakan.

  • Komitmen waktu yang diperlukan.


1. Perjelas Hal (Produk atau Jasa) Apa Yang Kita Tawarkan Kepada Pelanggan.

Sebelum kita lompat ke permasalahan SEO, kita harus paham alasan atau latar belakang produk atau jasa yang mau kita tawarkan kepada pelanggan. Contohnya:

  • Bagaimana, kapan dan di mana pelanggan akan mempertimbangkan bahwa dia membutuhkan produk atau jasa kita?

  • Apakah ketika pelanggan sedang tidak rumah, sehingga dia mengakses menggunakan smartphone? Atau ketika dia sedang di rumah,sehingga dia menggunakan pc, laptop atau tablet?

  • Apakah kebutuhan pelanggan akan produk atau jasa kita dikarenakan keinginan pribadi, atau dikarenakan produk atau jasa kita memang menarik, atau karena lokasi tempat usaha kita strategis untuk dia?

  • Apakah kebutuhan akan produk atau jasa ini muncul karena kondisi di sekitar dia atau berasal dari diri si pelanggan sendiri?

 

Pertanyaan-pertanyaan ini akan mendefinisikan dengan upaya-upaya apa dan bagaimana si pelanggan berusaha menemukan usaha kita.

Informasi-informasi ini pula yang akan membantu kita untuk menentukan kata kunci (keywords) dan informasi apa saja yang akan kita sajikan di website usaha kita.

 

2. Perbaiki Permasalahan Teknis SEO.

Beberapa website UKM (Usaha Kecil Menengah) biasanya terlihat cukup baik dari tampilan luarnya. Websitenya sudah menggunakan gambar yang bagus, pewarnaan yang menarik dan font yang baik.

Akan tetapi, apabila kita analisa lebih mendalam, kita akan menemukan beberapa permasalah teknis di balik itu semua. Dan ternyata permasalahan ini cukup krusial, karena mempengaruhi seberapa tinggi peringkat di Search Engine dan seberapa banyak trafic yang bisa datang ke websitenya.

Alangkah baiknya sebelum melangkah lebih jauh, seperti membuat konten yang beragam atau menebar link, sebaiknya luangkan waktu terlebih dahulu untuk memperbaiki pondasi si website ini.

Kita harus perbaiki terlebih dahulu website agar memiliki struktur yang kuat. Sehingga Search Engine dapat menelusuri dan mengindeks website dengan baik dan optimal.

Biasanya permasalahan teknis yang biasa kita temukan antara lain:

  • Kecepatan website yang kurang memadai.

  • Informasi ganda.

  • Link yang mati.

  • Menggunakan canonical link yang kurang tepat.

  • Halaman website yang tidak optimal.

 

3. Optimasi Halaman Website.

Optimasi On-Page halaman website tidak hanya cuma masalah meletakkan kata kunci (keywords). Namun juga harus membuat isi yang berkualitas menggunakan karakter alami dari kata kunci (keywords) yang kita targetkan.

Penerapan kata kunci (keywords) dan informasi yang tidak tepat akan menghilangkan daya tarik dan kehilangan potensi berada di peringkat utama di Search Engine.

Ini ada 3 hal penting yang harus kita perhatikan dalam mengoptimalkan halaman website:

  • Judul artikel

  • Meta description artikel

  • Struktur tubuh dari isi halaman website.

Dalam mengoptimalkan isi halaman website, kita juga harus mempertimbangkan tentang pola bahasa atau istilah-istilah yang biasa digunakan di area tinggal pembaca.

 

4. Optimasi Google Bisnisku.

Google Bisnisku merupakan hal terpenting untuk sebuah UKM (Usaha Kecil Menengah). Karena selain Google Bisnisku ini gratis, mudah diperbarui informasinya, dan dapat memberikan dampak yang besar untuk kemajuan UKM (Usaha Kecil Menengah).

Hal pertama yang bisa kita lakukan dalam mengoptimalkan Google Bisnisku adalah membuat, meng-claim dan verifikasi usaha kita; https//www.google.com/business

Pastikan untuk mengisi semua informasi yang diperlukan dan jangan lupa masukkan fot dan video di Google Bisnisku. Dan penting sekali untuk memilih kategori usaha yang paling tepat dengan usaha yang sedang kita jalankan.

Akan lebih baik pula abanila di Google Bisnisku kita membuat informasi pertanyaan dan jawabannya (Q&A). Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan tentang usaha kita.

 

Bersambung ke 11 Cara Meningkatkan SEO Untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) 2

 

Facebook Comments

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.