fbpx
11 Cara Meningkatkan SEO Untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) 2

11 Cara Meningkatkan SEO Untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) 2

Hardiyan Permana – Untuk kebutuhan SEO untuk UKM (Usaha Kecil Menengah), kita pasti ingin website kita berada berada di peringkat 5 sampai 10 teratas di Google Search Engine dari target kata kunci (keywords).

 

5. Cari Tau Apa Saja Yang Kompetitor Sedang Lakukan & Lakukan Hal Yang Lebih Baik.

Kompetitor online akan berbeda dengan kompetitor yang berada di sekitar area usaha kita.

Untuk kebutuhan SEO untuk UKM (Usaha Kecil Menengah), kita pasti ingin website kita berada berada di peringkat 5 sampai 10 teratas di Google Search Engine dari target kata kunci (keywords). Kompetitor dari 5 sampai 10 peringkat teratas ini lah yang harus kita analisa.

Ketika melakukan analisa kompetitor, kita harus mencari tau beberapa hal berikut :

Karena apa website-website berada diposisi peringkat teratas.

Berapa banyak halaman dari website tersebut yang terindeks.

Bagaimana struktur website tersebut.

Kualitas backlink website tersebut.

 

Dan sebagaimana kita tau bahwa kecepatan website adalah salah satu faktor dalam pembacaan alogaritma peringkat di Google Search Engine.

Jadi untuk bahan analisa kita bisa coba perbandingkan website kita dengan website kompetitor dengan alat peganalisa kecepatan website Google. Kita bisa cari di mana kelemahan website kompetitor.

Kita bisa cari tau apakah website mereka lambat? Apakah ada kata kunci (keywords) yang terlewatkan oleh kompetitor?

 

6. Kelola Perihal Daftar Bisnis Setempat & Penulisannya.

Sebagai tambahan trik menggunakan Google Bisnisku, kita perlu mengendalikan ketepatan penggunaan data yang relevan dengan area usaha kita.

Konsistensi adalah penting.

Data-data tentang usaha seperti alamat lokasi usaha, nama usaha, dan nomor telephone usaha harus dapat mudah diakses oleh orang-orang di area sekitar usaha kita.

 

7. Dapatkan Link Dari Website Di Area Sekitar Kita.

Kebanyakan pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah) tidak pernah memikirkan tentang link. Dengan membuat link dari website usaha di sekitar kita ke website kita bisa membantu meningkatkan peringkat website kita di Google Search Engine. Dan ini juga berarti akan meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan di usaha kita.

 

8. Tambahkan Skema Informasi.

Skema informasi komponen di halaman website seperti nama usaha, alamat, nomor kontak, rating, dan jam operasional usaha akan bisa lebih meyakinkan calon pelanggan untuk berkunjung dan membeli produk atau jasa usaha kita.

 

9. Fokus Pada Bagaimana Cara Mendapatkan Ulasan Dari Pelanggan.

Bahkan anak kecil akan memperhatikan ulasan tentang sebuah produk sebelum membeli disebuah toko online. Ulasan sebuah produk ini juga menjadi faktor penentu di daftar Search Engine berdasarkan lokasi.

Ulasan produk atau jasa ini sangat bermanfaat. Karena selain untuk membantu meyakinkan calon pembeli, juga bermanfaat sebagai masukan untuk usaha kita.

 

10. Buat Video Dan Gambar Untuk Mendapatkan Kata Kunci (Keywords) Yang Kompetitif.

Sebuah website pasti membutuhkan isi yang informatif. Isi website ini biasanya adalah kata-kata agar mudah dibaca oleh Search Engine.

Akan tetapi isi sebuah website akan menjadi lebih baik apabila ada gambar yang menarik dan video yang informatif.

Gambar dan video ini bisa juga menjadi solusi pada permasalah kompetisi kata kunci (keywords). Ketika sebuah keyword memiliki kompetisi yang tinggi, dari pada kita menghabiskan energi, waktu dan uang di persaingan ini, kita bisa mencari jalan lain.

Kita bisa melakukan optimasi menggunakan gambar dan video untuk menarik pengundung ke website dari Search Engine.

 

11. Kombinasikan antara Organik Dengan Yang Berbayar.

Apa bila kita baru memulai SEO di website, maka kita harus bersabar, karena akan membutuhkan waktu untuk bisa melihat hasilnya.

Pengerjaan SEO adalah proses kerja yang panjang, namun bukan berarti bisa dikesampingkan atau ditunda-tunda. Karena waktu adalah uang untuk sebuah usaha, jadi kita bisa mengkombinasikan antara SEO secara organik dengan promosi yang berbayar.

Ketika mulai mengerjakan SEO, ada baiknya juga menyisihkan anggaran untuk promosi, karena ini bisa membantu untuk membangun dan menjaga trafic.

 

Jangan lupa cek 11 Cara Meningkatkan SEO Untuk UKM (Usaha Kecil Menengah).

Facebook Comments

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.